Tips Cara Lolos dari Razia

Beberapa waktu belakangan, polisi sedang gencar-gencarnya menjalankan razia. Bagus sih, maling motor atau mobil atau penyelundup barang-barang gelap mikir-mikir kalo mau lewat. Nah, tapi kadang kan razia juga bisa bikin orang biasa, baik-baik (meski agak badung dikit) kayak gw ini rada deg-degan. Kenapa begitu?

Pertama, STNK gw udah mati pajaknya sekitar 2 tahunan lebih. Memang itu urusannya sama Dispenda, tapi kan yaa tetep aja. Polisi kan berhak menilang kalau kelengkapan surat-surat kendaraan nggak lengkap. Nah, STNK yang pajaknya mati kan itungannya ya surat-suratnya nggak lengkap, alias ada yang gak berlaku.

Nah, untuk urusan ini, gw dibikin dag-dig-dug der setiap hari mau ngantor. Masalahnya, rute gw ke kantor itu, dari 5 hari kerja, rata-rata 2-3 hari itu ada razianya. Bahkan kadang, dalam sehari perjalanan menuju kantor, razia ada di 2-3 tempat. Runyam kan? Nah, supaya gak kena razia, berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan, khususnya kalau naik motor:

– Gunakan Helm. Ya kali, nggak pake helm bakal lolos razia.
– Nyalakan lampu depan. Ini juga wajib.
– Gak usah banyakan gaya pake spion modif-modif. Spion bawaan pabrik udah paling aman. Pastikan juga itu spion ada kacanya.
– Gak usah banyakan gaya pake knalpot bising. Kalo mau customized, belilah knalpot silent. Atau pasang silencer. Ada gak ya?
– Pastikan surat-surat lengkap dan nggak mati pajaknya, kayak STNK motor gw. Tapi ini berlaku kalo udah ketangkep dan disuruh berenti sih.
– Tips paling jitu yang selama ini gw alamin adalah: pake motor Honda Legenda 2 keluaran tahun 2003 yang udah butut. Aman, udah berenti di depan badannya polisi pun, ternyata dia selalu melototin motor di belakang, motor gw gak pernah dilirik sama si pak polisi.

Nah, di atas adalah beberapa tips gw untuk lolos dari cegatan pak polisi saat ada razia di jalan. Silakan dicoba, siapa tau bermanfaat.

PS.
Postingan ini bukan disponsori oleh Honda pastinya πŸ˜›

Iklan

Tentang emmet24son

My Name is Pirman... Si Pirman
Pos ini dipublikasikan di Personal dan tag , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Tips Cara Lolos dari Razia

  1. Freddy Hernawan berkata:

    Bener banget nih bang….
    Asal dilihat udah lengkap semuanya, kadang polisi nggak nanya2 surat lagi.

    Mereka lebih melirik ke kendaraan yg nggak safety.

    • emmet24son berkata:

      Betul bang.. biasanya yang diberhentikan itu motor-motor keluaran baru, tapi banyak yang dimodifikasi aneh-aneh supaya kekinian. Atau ya motor yang nggak lengkap penampilannya.

  2. @nurulrahma berkata:

    Whuaaaa tengkyuuu tips2 kecenya ya Bang
    Salam kenal, nurul blogger arek Suroboyo πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.