Gadung Chapter (Part-2)

Akhirnya tiba saat yang tepat untuk kembali minggat. Harga BBM melejit pesat! Terus?

Opsi untuk ngekos depan kantor merupakan wacana yang sudah didiskusikan selama beberapa pekan terakhir, setelah dulu sempat ngekos karena Jakarta dilanda musim macet (baca: hujan plus banjir). Sekarang, muncul momen yang pas. Premium naik jadi Rp6.500/liter.

Sebagai gambaran, jaman Premium Rp4.500 per liter, sebulan gw butuh sekitar Rp1,5jt untuk bensin, tol, dan makan. Sebagai catatan, tarif makan gw rata-rata 8-10 rebu per sekali makan.

Dengan naiknya Premium sebesar hampir 45%, artinya pengeluaran gw yang dari Rp1,5jt per bulan akan jadi minimal sekitar Rp2,17jt (dengan catatan tol gak naik dan harga ketoprak seporsi tetap Rp8.000, gado-gado lontong/nasi tetap Rp10.000, nasi soto mie tetap Rp10.000, dan ketupat sayur juga tetap Rp8.000.

Kalau dulu, tinggal di kos tarifnya Rp1,15jt (lengkap dengan cuci-seterika-internet unlimited-nasi dan lauk unlimited asal kira-kira dan selama persediaan masih ada) hanya beda-beda tipis dengan biaya operasional rumah-kantor PP yang Rp1,5jt karena gw juga tetep ngluarin biaya makan siang, tarolah jatohnya sebulan jadi Rp1,4jt. Selisih Rp100.000 (nggak terlalu pengaruh) tapi gw cuma merasakan manfaat dari sisi hemat waktu, hemat tenaga, meski jauh dari anak-bini.

Kalau sekarang, tinggal di kos yang sama, tarifnya masih sama. Fasilitas masih sama (meski untuk dapetin kamar yang sama, gw harus buru-buru lunasin buat sebulan ke depan, soalnya udah dibook sama orang dan untungnya dia belum nge-DP). Selisih antara bensin-tol-uang makan antara kantor-rumah PP dan ngekos jadi melejit sampe Rp800.000-an, di luar hemat waktu dan hemat tenaga.

Artinya, ngekos jadi opsi paling masuk akal berhubung beli apartemen masih belum teraba di kantong 😛

Iklan

Tentang emmet24son

My Name is Pirman... Si Pirman
Pos ini dipublikasikan di Personal dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.