Berbukalah Dengan yang Gratis

Hari ini tetumbenan, nggak ada undangan buka puasa bersama. Biasanya sampe kewalahan, tiap hari 3-4 biji, minimal 2 kalo lagi sepi. Ya iya lah, hari jum’at gitu loh, orang mau santai-santai buru-buru pulang, repot amat kalo musti mampir-mampir. Ada sih acara di Puspiptek, temanya juga bagus. Tapi males ah, seminar gitu. Biasanya yang diomongin di awang-awang. Kirim repoter aja dah, pan kebetulan ada yang baru tuh.

Antara tega-nggak tega sih, hla itu acaranya di daerah Pamulang-Serpong, jauh beut dari Sudirman. Deketan dari rumah gw di Alam Sutera. Mana do’i lagi puasa pula. Bisa aja sih gw satronin ke situh trus ntar langsung pulang. Tapi biarin lah, katanya kalo reporter musti dikasih yang susah-susah dulu, yang menderita-menderita dulu. Klo dipikir-pikir, jahat amat sih gw. Kagak pernah ngerasain sengsaranya jadi reporter, tau-tau mendadak jadi redaktur. Jahat pula. Klo suatu saat lo nyasar kemari dan baca, maapin yee brur 😛

Nah trus, tadi sore gw bela-belain pulang meski udah jam 5. Rencananya sih jam 4 balik, cuma berhubung banyak urusan (baca: cetingan), akhirnya jam 5 lewat-lewat dikit baru bisa turun ke parkiran. Alamat kemaghriban di jalan nih.

Bener aja, jalanan macet semacet-macetnya. Untungnya cuma sampe Pejompongan, kolong bunderan Slipi. Habis itu, jalanan relatif lancar jaya. Tapi ya tetep, begitu sampe Pos Pengumben dan kuburan Joglo, padat mrayap lagi. Alhasil, begitu teng sampe perempatan Joglo, kedengeran adzan Maghrib.

Tadinya mau mampir pinggir jalan buat sekadar beli teh botol. Tapi dipikir-pikir, kemaren pernah juga kayak gini, kemaghriban di jalan, dan kalo maksain alamat kagak kebagian Maghrib. Nah waktu itu gw mampir ke SPBU 34-11609 di jalan raya Joglo. Nah, di situ ternyata selain ada Mushalla (gw seneng ibadah di sini, biar kata tempatnya kecil, tapi rapi, bersih dan nyaman), ternyata ada juga ta’jil. Gratis pula.

Nah, langsung aja dah, kagak pake mampir pinggir jalan, gw tancap gas ke sono. Alhamdulillah, hari ini ada juga gratisan ntuh. Tapi begitu parkir, ternyata gorengannya udah ludes. Ya sud lah. Gw embat aqua gelas, tenggak separo, baru dah campur teh manis yang udah gw duga, panasnya ampun2an.

Baru ngeracik teh manis, eeh, ternyata penjaga mushalla itu balik lagi bawa sebaki gorengan kloter kedua. Alamakjaaang, memang Allah sayang banget sama gw kayaknya, gw dikasi rejeki nggak putus-putusnya.

Sesuai sunah rasul, berbukalah dengan yang manis-manis, atau makan tiga potong kurma, trus langsung shalat Maghrib. Nah, sesuai kata James Chen, Direktur TAITRA kemaren, orang Indonesia itu doyanannya goreng-gorengan. Nggak tau aja dia, gorengan di Indonesia bukan sembarang gorengan, tapi gorengan plus plastik.

Eniweiy, tapi dia ada benernya juga, buktinya gw lebih milih ngembat 3 potong gorengan baru berangkat Maghriban. Padahal, kurma yang udah diplastikin seplastik masing-masing 3 potong (kalo gak salah lihat)juga ada disediain di sana. Gpp lah. Mungkin kalau jaman Rasul dulu udah ada gorengan, bisa jadi sunah juga kali ya?

Kelar Maghrib, bener aja, tuh gorengan sebaki penuh dah ludes lagi. Ya sud lah, gw juga gak mau ngembat banyak-banyak mentang-mentang gratis. Indonesia banget sih?!

Tapi ya gak pa pa lah, yang penting buka puasa kali ini gak kalah bermakna, justru paling nikmat, jauh lebih nikmat dibanding buka puasa-buka puasa kemarennya yang di resto atawa cafe papan atas sekalipun meski padahal di sana makanannya jauh lebih mewah dan sama-sama gratisnya (di luar ongkos parkir). Akhir kata, lengkap sudah seminggu ini gw selalu buka puasa dengan yang gratis 😀

Iklan

Tentang emmet24son

My Name is Pirman... Si Pirman
Pos ini dipublikasikan di Religious. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.