Berduaan Nyoblos di TPS

Bukan nyoblos sih, nyontreng. Berduaan? Ho oh.. berdua bini contreng-mencontreng di TPS tadi pagi.

Pemilunya sudah tiba, untuk Indonesia. Pemilunya sudah datang, untuk Indonesia. Di hari yang penting ini, untuk Indonesia. Bangun negeri sejahtera, untuk Indonesia.

Mendadak lagu itu terngiang di jeroan kuping. Sebagai informasi aja, gara-gara nulis soal Youtube dukung Pemilu 2009 di you know where, gw jadi denger lagu ituh dan gw kenyot. Ternyata, enak juga.

Naaah, berbeda dengan Pilek (pemilihan lekislatif) tempo hari, yang gw kagak ikut nyontreng karena hak gw dirampas oleh entah siapa, di Pilpres kali ini gw ikut nyontreng. Hla trus, hak gw udah dibalikin? Belom tuh, gw nyontreng pakek jatah preman adek gw. Pegimana urusannya?

Pas pemilihan yang kemaren ituh, gw kagak terdaftar di DPT. Entah kenapa, padahal udah ampir 30 tahun gw sekeluarga tinggal di Meruya United. Emak gw dapat jatah milih. Adek gw juga. Gw doang yang kagak dapet. Bini gw, yang baru 5 tahunan gw boyong dari Tasik malah dapat jatah nyontreng. Aneh bin ajaibin kan?

Nah, pas gw komplen sama pak RT beberapa waktu setelah pemilu, gw disuruh cek ke Pos (Pos = lapangan kompleks perumahan di mana ada pos ronda yang juga tempat kumpul kalok ada rapat warga yang juga tempat TPS digelar di setiap ada pemilu/pilkada). Naah, pas gw nyampe pos, sama pengurus yg ada di situh, gw disarankan dateng ke kelurahan di hari kerja. Besokannya, apa berapa hari kemudian gw samperin dah tuh kelurahan sebelom gw berangkat ngantor. Pas gw tanya di situh, ternyata bisa langsung daftar. Tapi.. tunggu sampe petugasnya dateng. “Sekitar jam 9-an lah,” kata orang kelurahan. Bujub dah, gw musti nunggu gituh? Kalo dia dateng jam 9. Kalo dia dateng jam 10? Atau ternyata tuh hari dia kagak masup? Ogah ah, gw nggak punya waktu luang sebanyak ituh. Lagian, kenapa orang-orang dilayani sampe dapat undangan untung nyontreng sementara gw musti berkorban banyak biar bisa sekadar nyontreng? Gak adil ah.

Seperti yang udah gw duga, pas kemaren itu petugas dateng ke rumah gw, ngasih undangan buat nyontreng Pilpres, gw kagak dapat. Emak, adek, dan bini dapat.

Nah tadi pagi, pas gw mau berangkat, kebetulan emak gw baru balik dari TPS. “Pake aja surat yang punya ade, dia kan lagi di Ambon, kagak nyontreng. Toh di TPS juga begitu dateng, tunjukin selembaran ituh, dah langsung nyontreng, kagak ditanya apa-apa,” katanya. Boleh juga tuh, pikir gw. Tadinya sih gw rencananya mau bawa KTP dan KK buat nyontreng, tapi katanya musti datengnya pas TPS dah sepi dan mau tutup, pas warga sekitar dah pada kelar nyontreng, baru deh, warga sisa-sisa yang gak kebagian hak pilih, gak tercantum di DPT, boleh ikutan warga lainnya nyontreng. Hina bener kesannya yah? Gpp lah, minimal jadi ada alasan ngabur dulu dari kantor, pulang. Mau nyontreng. Tapi berhubung ada ide itu tadi, coba ah. Hajar bleh, melanggar hukum ah sekali-sekali. Ada aturannya kagak ya? Trus apa ya hukumannya? Bodo ah. Warga gak tardaftar/diakui/disamakan macam gw ini jangan-jangan juga musti tunggu penjara sepi baru boleh masup 😛

Nyampe TPS, gw ama bini langsung serahin undangan. Pertama bini yg dipanggil masuk bilik TPS dicantelin anak gw yang pingin nglihat nyontreng tuh kayak apa. Gak lama gw (baca: nama adek gw) dipanggil. Langsung aja gw berangkat ke meja panitia, ngambil surat suara, dan masuk ke bilik. Bini masih kebingungan mau nyontreng yang mana, akhirnya pas ngintip contrengan gw apaan, dia beres-beres dah. Gak tau dia nyontrengnya apaan, apa ngikut gw. Bodo ah, emang ngaruh apah?

Sayang bilik TPS gak segede bilik-bilik TPS pemilu jaman orde sebelumnya. Kalok gede kayak gituh, kan asik gw nyoblosnya bareng bini. Tapi yaaa.. minimal yang penting jari gw belang lah. Bisa buat klaim diskon ke starbucks apa ke ancol 😀

Iklan

Tentang emmet24son

My Name is Pirman... Si Pirman
Pos ini dipublikasikan di Personal. Tandai permalink.

2 Balasan ke Berduaan Nyoblos di TPS

  1. FBI berkata:

    Kamar didekor ala bilik TPS sendiri aja kalo cuma pengen ngerasain sensasi nyoblos ala pemilu :p

  2. emmet24son berkata:

    Boleh juga idenya… modal tripleks, bantal/busa sama paku doangan yak 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.