Untung Dateng Kepagian

Akhirnya yang dinanti-nantikan datang juga. Hari ini, pentas seni pertama anak gw. Dia ikutan operet dari sekolahnya dan manggung di Gedung Kesenian Jakarta.

Kenapa dinanti-nantikan? Hla iya. Demi hari ini, bela-belain beli sepatu baru di Puri meski kertu kridit masih pada limit. Demi hari ini, gw nembak bikin SIM biar kagak repot urusannya klok ditilang pulisi meski blum bayar cicilan KPR. Demi hari macam gini-ginian jugak tuh mubil dibeli, biar gak numpak montor kejauhan, blom lagi klok ujan. Kesiann. Tapi yaa namanya demi anak, yang bisa diusahain, masa’ gak dijabanin. Nyang penting pan halal.

Naaah, begitu hari H, pagi-pagi, jam 6 dia dah ngomel-ngomel, emak bapaknya blom bangun. Nyuruh-nyuruh bangun. Tapi setelah gw dan bini beres mandi, eeh, dia masih molor. Bocah yak! Setelah beres-beres, makan, mandi, dan minum obat (anak gw masih blom pulih bener, 3 hari yang lalu kenak demam tinggi dan batuk-pilek), kita berangkat jugak. Untungnya gak jadi konvoi bareng temennya, musti mampir dulu, nyari-nyari rumahnyah, ribet ah, blom klok musti muter balik. Untungnya tuh temen SMS-an dulu, ampir aja dia berangkat ke IKJ, padahal acara di GKJ. Beda satu hurup doang sih, tapi beda jaraknya mayan juga ituh.

Walhasil, jam 9-an kita berangkat. Jalanan sepi. Pulisi? Ada sih, tapi still yakin ajah biar gak jadi pusat perhatian. Maklum lah, masih newbie πŸ˜›

Untungnya, beberapa hari sebelumnya gw sempet main ke tempat temen di Kartini Raya, dan ngliwatin tuh GKJ. Padahal sebelumnya gak ngeh tuh di mana posisinya. Ancer-ancernya samping kantor pos pusat. Hla, meneketempe kantor pos itu di mana posisinyah, ke kantor pos aja gw jarang-jarang, apalagi kantor pos pusat. Bilang keq tuh posisinya depan gerbang Pasar Baru, pinggir kali Ciliwung sebelom Gunung Sahari kalok dari arah Harmoni, beres urusan.

Berhubung gw dah lihat medan, kliatannya lahan parkir terbatas. Naaah, gw yang newbie beginih, parkiran padet bin ribedt pan bikin males. Blom klok salah-salah nyenggol, panjang urusan. Makanya, mending dateng kepagian, biar bisa cari parkiran PW. Bener aja, jam 10 kurang 5 dah sampe. Padahal anak-anak baru boleh masuk ke TKP jam 11-an. Biarin lah. Lihat-lihat, ternyata di belakang gedung ada kantin kecil yang asik buat nangkring duduk-duduk. Toh anak gw juga makannya blom abis, lanjut dah. Parkir lah kita di situh, belakang mobil sekolah yang dah nyampe duluan.

Berhubung masi lama, jalan-jalan ah, lihat pemandangan. Ternyata mayan juga ni GKJ, taman-tamannya mayan rapi, bangunan kuno-nya teritung terawat. Sial blom beli lagi kamdig setelah kamdig terakhir tewas dengan sukses kecemplung (dicemplungin) kolam ikan. Eehh.. dasar anak, ngliat ayam nganggur diuber-uber. Weleeh, masa gw kudu ngikutin juga lari-lari ngejar ayam? Apa kata dunia, biarin lah, awasin aja dari jauh, mudah-mudahan gak nyusruk. Tapi khawatir juga, gak kenal medan, ntar klok ada apa-apa, repot pan. Walhasil, ikutan juga dah gw lari pagi ngejar ayam anak gw πŸ˜€

Di samping gedung ternyata ada parkiran mayan lega. Naksir juga sih posisi di bawah pohon. Tapi pikir-pikir, ntar klok dah rame pasti ribetnya bukan maen, dan pastinya yang dapet di bawah pohon bakal keluar paling belakangan karena ketumpuk-tumpuk mubil yang telat dateng.

Gak lama, temennya dateng. Dah pake seragam buat operetnya nanti. Langsung aja anak gw minta ganti. Ya udah, sekalian. Toh bajunya yang tadi dah basah keringet gara-gara ngejar ayam lari pagi barusan πŸ˜›

Jam 11 liwat, anak boleh dianterin masuk ke belakang panggung untuk siap-siapin kostum, gladi resik, dan sekalian makan bersama. Orang tua dipersilakan keluar. Tunggu sampai jam 12. Bujub dah. Mana mulai ujan pula.

Jam 12-an, pintu depan dibuka, orang tua dipersilakan masuk, registrasi dan ambil kupon makan. Bujub dah, ribedt amadt yak. Padet bangedt. Ya sudah, berhubung disuruh makan, gw embat lah sesajen booth-booth makanan di situh.

Jam 1-an acara mulai. Weleeehh.. banyak amat sambutan-sambutannya. Pingin gw sambit aja rasanya. Tapi pas acara demi acara mulai, waaahh. Terharu rasanya. Gak percuma gw saban hari bangun jam 3 pagi dan tidur jam 10-11an malem biar anak gw bisa begini-beginian. Terbayar rasanya semua kurang tidur gw. Biyu kebagian peran sebagai temannya pemeran utama yang ngajak senam gembira beramai-ramai. Peran kecil sih dalam tim, tapi ngliat antusiasnya dia menjalankan perannya, bangga deh pokoknyah.

Sepanjang acara, bujub dah. Puluhan orang tua murid pada ngerekam tuh acara, padahal dah disebutin berkali-kali kagak boleh motret atawa ngerekam video. Pikir-pikir lagi, hmm… gimana gak untung bisnis perusahaan LCD dan CE, ampir semua orang pada pegang LCD dan rata-rata ukuran 2-3 inci. Krisis finansial global? Emang ada ya?

Akhirnya, jam 5 kurang dikit acaranya kelar. Orang tua murid dipersilakan jemput anaknya masing-masing lewat pintu belakang gedung. Begitu balik, bener aja. Parkiran di bawah pohon itu tadi ribedt bangedt. Untunngg dateng kepagian jadi bisa lari pagi sama ayam πŸ˜€

Tentang emmet24son

My Name is Pirman... Si Pirman
Pos ini dipublikasikan di Personal. Tandai permalink.

4 Balasan ke Untung Dateng Kepagian

  1. bandrong09 berkata:

    Emang Pak… kalo bisa jual diri demi anak jg bakal dilakoni, asal anak senang dan gembira. Langkah Ompir sudah tetap, ane mgkn akan melakukan hal serupa.

    Bapak termasuk orang yang sayang anak dan peduli ma keluarga. BRAVO!!!!

    Kalo melihat TV, brp banyak anak yg mgkn tak menerima kasih sayang orangtuanya. Trus… berapa banyak pula orangtua yang tak bisa berbuat apa2 ketika anakny memiliki keinginan.

    Jd, kita mesti syukuri ni’mat yang Alloh berikan ini…. Baca donk: http://bandrong09.wordpress.com/

  2. emmet24son berkata:

    Amiinn.. akur dah bang Bandrong… kalok nggak demi anak, aye mah ogah dah bela-belain. Enakan tidur di rumah, apalagi sabtu-minggu, tanggal merah dan hari kejepit πŸ˜›

    Siap meluncur ke TKP πŸ˜€

  3. munu berkata:

    hikss,,aku terharuuu,,,jadi ingin kecil lagi kaya biyu

  4. emmet24son berkata:

    waaa… kan udah lewat mu…
    mungkin malah udah waktunya punya biyu sendiri πŸ˜›

Tinggalkan Balasan

