Si Gelandang Haus Gol Undurkan diri

Akhirnya, 5 Januari 2009 tepat pukul 00.10, si gelandang serang haus gol menggantungkan sepatu. Mengundurkan diri secara penuh dari kancah sepak bola internasional dan liga-liga utama di Eropa.

Setelah diinstalasikan dan mulai bermain pada 11 November 2008, karir cemerlang pemain kebangsaan Inggris dengan tinggi badan 171 dan berat 75 kilogram ini dimulai dari Middlesbrough, musim 2008-2009. Di musim pertamanya, pemain yang memiliki kaki kanan yang berbahaya itu sukses membawa Middlesbrough menjadi yang terbaik di dataran Inggris. Padahal, ia baru mulai dimainkan oleh klub di pertandingan ke 5, melawan Arsenal. Gol pertamanya sendiri baru hadir di matchday 11. Hadir sebagai pemain pengganti, Muhammad Firman berhasil membobol gawang Chelsea yang dikawal Peter Cech.

11 pertandingan kemudian, melawan Aston Villa, Firman yang sejak ulangtahun ke 25-nya tak pernah menanggalkan topi putih kesayangannya meskipun sedang dalam pertandingan berhasil melakukan hattrick pertamanya. Penghargaan man of the match sendiri didapat pertamakali di match day 9, melawan Wigan Athletic. Hadir sebagai pemain pengganti, dua gol Firman berhasil membalikkan keadaan dari ketinggalan 0-1 menjadi unggul 2-1 sampai peluit panjang berbunyi. Penghargaan Most Important Player, pemain terbaik dalam pertandingan namun timnya kalah datang pertamakali ketika Middlesbrough bertanding melawan Manchester United.

Panjang perjalanan Firman, mengarungi 4 liga utama di Eropa. Sempat tidak diperpanjang kontrak oleh Middlesbrough, klub professional pertamanya yang dibelanya hingga mampu menembus kancah Eropa, hingga terpaksa menerima pinangan Le Mans Union Club 72, klub medioker asal Liga Perancis karena tidak ada pilihan lain, karir Firman terus berkembang.

Meski pada awalnya tampak seperti berjalan di tempat karena hanya berhasil menarik perhatian klub-klub menengah ke bawah seperti Real Betis (2011-2012), Deportivo La Coruna (2011-2012), Caen (2012-2014), Real Valadolid (2014-2015), dan West Brom (2015-2016), dewi fortuna akhirnya datang setelah Firman kembali ke liga yang sangat ia cintai yakni Liga Inggris. Di pertengahan musim, Liverpool menawarkan Firman, yang ketika itu berusia 24 tahun kesempatan untuk mencicipi bermain di klub top four League B. Padahal, di klub-klub yang ia bela, Firman tidak pernah absen memberikan gelar juara, baik piala liga, gelar liga utama, sampai gelar liga Eropa (Champions ataupun Master).

Dua musim bertahan di Liverpool, Firman menyatakan hijrah ke Arsenal di musim (2016-2017) meski ketika itu Liverpool sebenarnya masih menawarkan perpanjangan kontrak. “Ingin menjalankan hidup baru,” ketika ditanya wartawan seputar alasannya hengkang dari klub favorit sejumlah pemain itu.

Ternyata, meskipun sukses membawa Arsenal memenangi seluruh kompetisi yang diikuti, bahkan Firman mencetak gol terbanyak di satu musim yakni 51 gol plus 23 assist, Firman merasa ada yang kurang dalam karirnya. Mengikuti kata hati, Firman akhirnya menerima pinangan Juventus di awal musim 2017-2018 dan pindah ke Inter Milan di pertengahan musim yang sama. Tawaran kontrak yang ditunggu-tunggu sepanjang karirnya akhirnya tiba. Menolak tawaran perpanjangan kontrak dari Inter Milan serta pinangan Sunderland, Sampdoria, bahkan Real Madrid, di transfer window hari pertama, akhirnya di hari kedua datang tawaran dari 5 klub. Di luar empat klub tadi, Manchester United, klub yang diidam-idamkan sejak Firman menyatakan untuk terjun ke sepakbola profesional akhirnya datang menawarkan kontrak. Tanpa pikir panjang, malah tanpa pikir sama sekali, Firman langsung bersedia menerima pinangan sang setan merah, berapapun nilai kontraknya. Ketika itu bagi Firman, uang bukan masalah. Kesempatan bermain di klub terbaik di dunia itulah yang ia tunggu-tunggu. Pesan “Good things come to those who wait”, memang benar adanya. Di klub berjulukan setan merah itulah akhirnya Firman memutuskan untuk gantung sepatu di penghujung musim 2018-2019 di usia emas bagi seorang pesepak bola, 27 tahun.

Sampai musim terakhirnya, pemain sepanjang karirnya pernah dipasangkan di gelandang kiri, kanan, tengah, sampai shadow striker itu juga sempat membawa Inggris memenangi seluruh kejuaraan yang diikuti. Secara total, dengan 53 caps yang dimiliki, Firman berhasil mengoleksi 95 gol dan 62 assist. Total 13 hattrick dan 44 penghargaan man of the match dicetak sepanjang karirnya yang tergolong singkat di timnas.

Akhirnya, dengan alunan background music yang mengharukan, Firman, diantar rekan-rekan seklub seperti Tevez, Ronaldo, Vidic, Nani, Fabregas, Rosicky, dan Peter Cech melambaikan perpisahan dengan seluruh fans yang mengelu-elukannya. Selamat tinggal Finnan (panggilan kesayangan komentator PES untuk Firman).

Iklan

Tentang emmet24son

My Name is Pirman... Si Pirman
Pos ini dipublikasikan di Personal. Tandai permalink.

14 Balasan ke Si Gelandang Haus Gol Undurkan diri

  1. alex berkata:

    kamvret!

  2. zakiya_zakiya berkata:

    *guyuR

    Mas-mas,,bangun mas.Jangan ngigo mulu mas.
    Berangkat kerja jangan lupa pake seragam YAk,,hari senin ini

  3. chandra berkata:

    klimaks! huahuahahuauhauhaua.. *lawl
    posting panjang yang kental unsur NARSIS. TOTAL!
    weleh.. weleh.. akhirnya gantung spatu diaaa.
    jadi gelandang legenda ‘setan merah’ ceritanya. +)
    good job! congrats.

  4. pep berkata:

    kamfret….cuma imajiner doangan

  5. emmet24son berkata:

    Waaahhh… pada gak main Become a Legend di PES2009 rupanya.. payah dah. Itu 10 musim pertandingan bukan cumak sekadar imajiner PeP, zik, tul kan chan? Gimana musim pertamanya? diterima di klub mana aja?? πŸ˜›

  6. emmet24son berkata:

    @alex: masa lu kagak mainin yg Become a Legend?? Cumah dunk! πŸ˜›

  7. oyi kresnamurti berkata:

    anjrito… betah amat main become a legendnya yak! katanya kerja mulu di opis, kok bisa sampai gantung sepatu sehh?

    selamat, selamat.. ane masih stuck di napoli neh.. klub pertama lecce, sekarang tetap di napoli.. belum sempat main lagi euyy..

  8. emmet24son berkata:

    weeekkekekk.. di kantor gak berkutik.. di rumah juga gak berkutik, kecuali anak-bini dah bobo’. Makanya aye mainnya saban hari jam 11-an sampe jam 2. Kadang sampe azan subuh πŸ˜›

  9. sigit berkata:

    hooooo..i dah siang perjalanan jauh jangan ngayal mulu tar marain bos

  10. nandang berkata:

    boleh juga ceritanya….. tapi bukannya si pirman yang mengawali pertandingan perdananya di lapangan simprug pertamina sebagai pemain belakang…..ha….ha

  11. emmet24son berkata:

    @sigit: halaaah… ngiri aje ente, blom pernah mainin become a legend-nya kan??

    @nandang: klok itu mah Si Pirman, bukan Finnan πŸ˜›

  12. boxxoq berkata:

    β€œIngin menjalankan hidup baru,” ketika ditanya wartawan seputar alasannya hengkang dari klub favorit sejumlah pemain itu.

    Sukuuur…. kirain bang Pirman mau nyusul Kang Mahmur, Mba Helen, Mas Wawan dst…

    Untungnya mundurnya bang Pirman cuma kejadian di PES duangan..

    Btw bang Pirman ini keknya jago banget di PES, ajarin ane dunks…

  13. Yohan berkata:

    Kampret !
    Basuh muka dulu sono ….

  14. rockhead berkata:

    gue salut bukan sama permainan si finnan, tapi salut ama Pirmannya. Kok ya betah banget maen sampe 10 musim, gue satu musim aja dah bosen gk kelar2 hehee
    Eh alesan gantung sepatunya kok gk dijelasin, apa gue yg gak ngeh bacanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.